Informasi

Kelurahan Sentanan, Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto, Kawasan Pecinan Wujudkan Kampung Toleran

KELURAHAN Sentanan, Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto kini semakin kental dengan nuansa keberagaman dan pluralisme masyarakatnya. Keberadaan gapura bercorak khas Tionghoa menandai akan dijadikannya area di jantung kota onde-onde itu sebagai kawasan Pecinan.

Terdapat tiga gapura yang telah disentuh pembangunan oleh Pemkot Mojokerto sebagai gerbang di Kampung Pecinan Sentanan. Ketiganya telah tuntas dibangun di akhir 2023 lalu dengan penampilan khas ala Tionghoa.

Lurah Sentanan Fauzan Hadiyan Ichsan mengungkapkan, salah satu gapura dibangun di pintu masuk Jalan Niaga. Tepatnya berada persis di depan Kelenteng Hok Sian Kiong di Jalan PB Sudirman yang sebelumnya telah ditetapkan sebagai cagar budaya.

Sedangkan sepasang gapura lainnya berada di Jalan Karyawan Baru sebagai akses untuk keluar dan masuk pengendara maupun pengunjung di kawasan pecinan. ”Rencananya di kawasan gapura tersebut akan dijadikan kawasan Pecinan dan pusat kulineran,” terang Fauzan.

Saat ini, baik Kelurahan Sentanan, Kecamatan Kranggan, serta OPD terkait di Pemkot Mojokerto tengah mempersiapkan untuk membentuk sentra kuliner anyar tersebut.

Menurutnya, di kawasan Pecinan akan diprioritaskan untuk pengembangan para pelaku UMKM. ”Harapannya nanti bisa dimanfaatkan oleh warga Kelurahan Sentanan, biar pertumbuhan ekonominya meningkat,” tandasnya.

Keberadaan kawasan Pecinan juga semakin menambah keberagaman budaya dan latar belakang agama di Kelurahan Sentanan.

Tingginya masyarakat dalam menghormati perbedaan juga mendorong Kelurahan Sentanan untuk mewujudkan kampung toleransi.

”Pemerintah Kota Mojokerto sudah memberikan fasilitas berupa kawasan Pecinan. Sebagai bentuk sinergi dan kolaborasi, kami di kelurahan juga berupaya untuk mem-branding menjadi kampung toleransi,” papar dia.

Fauzan juga berharap, kawasan Pecinan Sentanan juga bisa menjadi destinasi wisata baru. Karena sentuhan fisik juga dilakukan dengan peningkatan jalur pedestrian yang lebih indah dan nyaman.

Di kawasan perniagaan dan permukiman tersebut kini juga dihiasi dengan ornamen lampu dengan nuansa yang oriental. (ram/ron)
 

Repost : SA

Di Kutip dari Radar Mojokerto
Editor: Fendy Hermansyah 
 

 

Kegiatan Lain